Penerimaan Siswa Baru (PSB) ONLINE Untuk Tingkat SMP, SMA dan SMK di Kota Padang

Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ajaran 2008/2009 di kota Padang kembali dilakukan dengan sistim Online. PSB Online yang direncanakan akan berlangsung 2 hingga 6 Juli 2008 mendatang akan menggunakan sistem pendaftaran yang baru. “Sistem ini kita rancang untuk mengantisipasi kesalah yang terjadi pada tahun lalu. Yang jelas sistem yang sekarang tetap transparan, akuntabel, tidak deskriminatif, real time dan rules by system,” terang Drs. Wirnadi A Kabid. Kajian Peningkatan Mutu Pendidikan (KPMP) Dinas Pendidikan Kota Padang, Senin 12 Mei 2008.

Dijelaskan Wirnadi, pendaftaran PSB Online sistem baru ini, calon siswa yang ingin mendaftar ke tingkat satuan pendidikan yang lebih tinggi, SD ke SMP dan SMP ke SMA/SMK bisa mendaftar ke sekolah yang terdekat di rumahnya. Calon siswa bisa mengambil formulir pendaftaran di sekolah tempat ia mendaftar dan tidak dipungut bayaran sepersenpun. Pasalnya, biaya pendaftaran telah ditanggung oleh APBD kota Padang, kecuali yang mendaftar di Warung Internet (Warnet)

“Kita juga membuka pendaftaran di Warung Internet (Warnet) yang telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Padang. Bagi calon siswa yang mendaftar di warnet dikenakan biaya pendaftaran. Berapa calon siswa harus membayar pembelian formulir?, sampai saat ini jumlahnya masih dalam perundingan, termasuk penentuan warnet yang akan ditunjuk. Nah, untuk memudahkan siswa mendaftar di warnet kita akan tempat panitia PSB Online disana,” papar Wirnadi.


Sedangkan, untuk calon siswa yang berasal dari luar kota Padang dan siswa yang lulus paket A dan B, harus melalui Pra Pendaftaran dulu sebelum mengikuti pendaftaran lewat internet ke sekolah-sekolah yang diinginkan. “Untuk Pra Pendaftran ini bisa dilakukan calon siswa dari tanggal 30 Juni hingga 5 Juli bertempat di SMKN 3 Padang. Setelah mendapat surat rekomendasi dari panitia Pra Pendaftaran baru calon siswa tersebut bisa mendaftar. Intinya Pra Pendaftran ini mengumpulkan data-data siswa yang belum ada ke meja panitia,” ucapnya.

Setelah PSB Online resmi dibuka (rencananya 2 Juli) siswa bisa memilih sekolah yang diinginkan. “Tahun ini, siswa bisa memilih sekolah yang dinginkan sebanyak tiga sekolah. Tiga sekolah yang dipilih tersebut, tidak boleh dicampur adukkan.

“Jika siswa ingin masuk ke SMKN, maka tiga pilihannya harus SMKN. Tidak boleh ada yang dipilih SMAN. Jika ada yang pilih SMAN dan SMKN secara bersamaan pada lembaran pendaftaran yang sama, maka dinyatakan gugur karena terjadi error pada sistem data. Begitu sebaliknya,” tukas mantan Kepsek SMKN 5 ini.

Lanjutnya, jika ada siswa yang mengisi tiga pilihan yang disediakan maka, satu diantara pilihan tersebut harus rayon sekolahnya. Nah, setelah pengisian betul, baru diserahkan kepada panitia tempat calon siswa mendaftara. Panitia langsung meng entri ke komputer. Calon siswa yang mendaftar bisa melihat posisinya di website PSB online yang disediakan, http://www.padang.psb-online.or.id atau bisa mengirim SMS dengan cara ketik PSB [spasi] Nomor Pendaftaran kirim ke 9388. Contoh untuk SMS: PSB PDG 12345678.

Hasil dari diterima atau tidak diterima bisa dilihat pada papan pengumuman di sekolah atau di website, SMS pada hari akhir pendaftaran, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Bagi sekolah SMAN atau SMKN yang belum memenuhi kuota jumlah siswa yang ditentukan dan masih ada calon siswa yang belum jebol, panitia PSB Online membuka pendaftaran gelombang kedua. “Calon siswa hanya diperbolehkan memilih sekolah maksimal dua sekolah. Pada pendaftaran gelombang kedua ini, calon siswa bisa menukar sekolah pilihannya, dari SMAN ke SMKN. Misalkan, jika pada pendaftaran pertama ia mengambil SMKN dan tidak lulus. Maka, ia boleh pidak ke SMAN pada pendaftaran gelombang kedua. Sedangkan proses yang dilalui sama, sepeti yang pertama,”tutup Wirnadi. (***)

 

About these ads

2 Tanggapan

  1. Aswrwb, Mohon informasi apakah tahun ini juga akan ada PSB SMP secara Online? Apakah calon siswa dari luar Propinsi juga bisa ikut PSB di Kota Padang? Terima kasih (Jusman, Gunung Pangilun – Padang)

    • wswrwb, tahun ini juga akan ada PSB SMP secara Online, calon siswa dari luar Propinsi juga bisa ikut PSB di Kota Padang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: